pamijahan Bogor
0817-0314-5891
mail@ibnusina.sch.id

Profil Pondok Pesantren

Website Ponpes Ibnu Sina Cibening

Latar Belakang

Pondok Pesantren Ibnu Sina didirikan sebagai jawaban terhadap semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pendidikan agama untuk anak-anak, yang di sisi lain juga mengharapkan anak-anak mereka memiliki keterampilan-keterampilan hidup yang menjadi tuntunan zaman modern saat ini.

Kami meyakini bahwa probelamatika pendidikan saat ini banyak berkaitan dengan lemahnya perhatian para pelaku pendidikan dalam membentuk perilaku, karakter dan cara berpikir anak. Tidak terkecuali paradigma masyarakat saat ini, yang seringkali melihat peran pendidikan hanya sebatas untuk memudahkan mendapat kerja.

Setiap anak dibekali berbagai potensi yang perlu diarahkan dan dibina sehingga teraktualiasi secara penuh. Lebih mendasar dari itu, mereka harus mampu memaknai jati dirinya sebagai hamba Allah dan tanggung jawabnya di muka bumi. Bukan hanya diajarkan bagaimana mencapai cita-cita, tetapi juga menyiapkan mentalitas di tengah berbagai kemungkinan masa depan yang tidak pasti. Bukan hanya tentang dunia, tetapi juga akhirat.


Sejarah

Secara historis, pondok pesantren Ibnu Sina telah berdiri sejak sekitar tahun 1980-an. Saat itu K.H. Tatang Haetami membuka pengajian untuk warga sekitar, dalam bentuk pengajian majelis taklim, kuliah subuh, pengajian malam jum’at dan pengajian untuk remaja / pemuda. Hingga saat ini, kegiatan-kegiatan pengajian tersebut masih terus berlangsung di masjid jami Ibnu Sina Cibening.

Tidak berhenti di situ, K.H. Tatang Haitami, bersama para tokoh masyarakat Cibening saat itu, membentuk Yayasan berbadan hukum, Yayasan Ibnu Sina, sebagai titik tolak berdirinya lembaga-lembaga formal di tahun-tahun berikutnya.

Lembaga formal yang pertama kali berdiri adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI), kemudian Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah Unggulan (MIU), dan Pendidikan Anak Usia Dunia (PAUD). Setelah beberapa dekade berlalu, lalu tahun 2007, Sekolah Menengah Pertama (SMP Islam) Ibnu Sina berdiri. Selang dua tahun berikutnya, 2010, Pesantren Ibnu Sina mulai dibuka, lalu tahun 2012, SMA Plus Ibnu Sina.


Pertanyaan Umum

Apakah wajib mukim untuk bersekolah di SMP dan SMA Ibnu Sina?

Ya, sejak tahun pelajaran 2019/2020, pondok pesantren Ibnu Sina hanya menerima santri mukim yang berasal dari SMP dan SMA Plus Ibnu Sina.

Apakah lulusan SMP diwajibkan melanjutkan ke SMA?

Kurikulum pesantren Ibnu Sina dirancang sebagai kurikulum 6 tahun. Dengan demikian, para santri yang tidak menuntaskan selama enam tahun mondok, tidak dianggap alumni pesantren dan tidak diwisuda sebagai lulusan pesantren Ibnu Sina.

Apakah diajarkan kitab kuning?

Ya kami mengajarkan kitab-kitab kuning dan juga kitab-kitab kontemporer.


Pembentukan Karakter & Bakat

Pengabdian

Pengabdian merupakan salah satu program pendidikan karakter untuk para santri dalam bentuk kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan.

Life-Skill

Setidaknya ada lima kegiatan life-skill yang diajarkan kepada para santri Ibnu Sina yang berorientasi pada pembentukan karakter kemandirian dan wirausaha.

Pramuka

Pembinaan pramuka merupakan salah satu kegiatan informal yang wajib diikuti oleh seluruh santri, sebagai wadah pembentukan karakterk sosial dan kepemimpinan.

Pembinaan Bakat

Selain kegiatan-kegiatan ex-school yang bersifat rutin, para santri juga diberi kesempatan untuk menampilkan bakat-bakat mereka dalam berbagai even kegiatan bulanan.


Program Unggulan

Tahfizul Quran

Ponpes Ibnu Sina bukan pesantren tahfizh. Namun demikian, ada target minimal hafalan yang harus dicapai santri selama enam tahun, yaitu enam juz, atau satu juz per tahun.

Bahasa Asing

Dari tahun ke tahun, kami terus menyempurnakan program-program pembinaan bahasa asing, Arab dan Inggris, baik dalam ranah kurikulum atau pun kesiswaan.

Fiqh Amaliah

Program ini adalah program penguasaan praktek-praktek ibadah dasar secara komprehensif dan bertahap, meliputi: baca tulis quran, tajwid, imla, praktek solat, doa-doa, khutbah, dzikir dll.

Kepemimpinan

Selain pramuka, karakter kepemimpinan santri dibentuk melalui kegiatan-kegiatan kepengurusan dan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan).


Even Tahunan

Wisuda Santri

Kegiatan wisuda santri diperuntukan bagi para santri yang telah menuntaskan pendidikan pesantrennya, yaitu santri yang telah menyelsaikan jenjang SMA.

Festival Film Akhir Tahun

Penayangan film-film dokumenter kegiatan tahunan dan film-film pendek karya kreatif anak-anak santri.

Tabligh Akbar

Diselenggarakan dalam rangka memperingati milad ponpes Ibnu Sina, yang diawali dengan serangkaian kegiatan pengabdian dan perlombaan.

Pagelaran Seni

Diselenggarkaan di permulaan tahun pelajaran. Sebuah ajang para santri menampilkan kebolehannya: paduan suara, drama, tarian daerah dll.


Penghargaan

Pesantren Ibnu Sina Mewakili Pamijahan Di Ajang Ekopontren Award 2019

IBNUSINA.SCH.ID. BOGOR – Pondok pesantren Ibnu Sina terpilih menjadi perwakilan Kecamatan Pamijahan untuk Ekopontren Award, sebuah ajang penghargaan pesantren di bidang lingkungan hidup, yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh pemerintah. Penilaian dilakukan secara bertahap oleh dua tim yang berbeda, yang terdiri dari berbagai unsur pemerintahan; desa, kecamatan, dinas pendidikan, lingkungan hidup, kementrian agama, koperasi,…

Continue Reading Pesantren Ibnu Sina Mewakili Pamijahan Di Ajang Ekopontren Award 2019