Pentingnya Membangun Kebiasaan Membaca

Membaca merupakan suatu kegiatan yang memiliki peran penting dalam pengembangan diri dan pemahaman dunia sekitar. Kebiasaan membaca tidak hanya memberikan manfaat bagi perkembangan intelektual, tetapi juga memperkaya pengalaman hidup seseorang.

Tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia masih terbilang sangat rendah jika di bandingkan dengan Jepang. Namun, pada tahun 2022 lalu Indonesia mengalami peningkatan sekitar 7,4 % dari tahun sebelumnya, di lansir dari website Indonesia.go.id.

Meskipun masih tergolong rendah peningkatan pada tahun 2022 tersebut merupakan bukti adanya perubahan yang diupayakan oleh masyarakat Indonesia. Selain itu perlu kita ketahui tentang pentingnya membangun kebiasaan membaca untuk diri sendiri atau untuk kepentingan lainnya. Sebagai berikut :

1. Pelajaran pertama dari Allah SWT

Allah menurunkan wahyu pertamanya melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW yaitu surat Al -Alaq ayat 1-5. Melalui firman tersebut Allah menyampaikan pentingnya membaca dan menulis. Hal ini juga menunjukkan bahwa membaca dan menulis adalah pelajaran pertama yang Allah perintahkan kepada hambanya. Maka dengan itu penting membangun kebiasaan membaca untuk melaksanakan salah satu perintah Allah.

2. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis

Kebiasaan membaca membantu mengasah keterampilan berpikir kritis. Dalam proses membaca, pembaca seringkali dihadapkan pada informasi yang memerlukan analisis dan evaluasi. Ini merangsang pikiran untuk berpikir secara kritis, mempertanyakan ide, dan merumuskan pandangan pribadi.

3. Membantu memahami dunia

Membaca merupakan aspek penting untuk memahami dunia. Jika kita tidak gemar membaca maka kita akan tertinggal dengan hal – hal yang terjadi di dunia, begitupun umat Islam yang mengalami kemunduran akibat rendahnya membaca kata Herman dalam bukunya. Hal ini juga dikuatkan oleh perkataan Musadayah seorang Jendral Militer AD yang menyatakan bahwa salah satu kelemahan umat islam adalah membaca.

4. Meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis.

Orang yang memiliki kebiasaan membaca cenderung memiliki kosa kata yang lebih kaya dan ekspresif. Ini berdampak positif pada kemampuan berbicara dan menulis mereka. Membaca membantu memahami struktur kalimat, penggunaan kata, dan gaya penulisan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Orang yang gemar membaca akan cenderung lebih menguasai materi ketika berdiskusi serta lebih aktif dalam mengemukakan pendapat.

Dengan memahami pentingnya membangun kebiasaan membaca diharapkan umat islam bisa lebih meningkatkan keimanan dan pengetahuan tentang Rabb dan Rasul Nya. Serta bisa menjadi masyarakat yang lebih berhati – hati dalam menghadapi permasalahan yang terjadi.

Sumber foto : Pinterest

Related posts

Bersih-Bersih Pesantren Jelang Santri Pulang

by roseta al zahra
11 months ago

Pramuka Ibnu Sina Gugus Depan Terbaik Tingkat Purwa

by Tim Redaksi
2 years ago

Pesantren Kini dan Tentang Arti Menjadi Santri

by rama izza
3 years ago
Exit mobile version